10 Game Membuat Mesin Waktu Yang Mengasah Keterampilan Ilmu Pengetahuan Pada Anak Laki-Laki

10 Game Membuat Mesin Waktu yang Menajamkan Skill Sains untuk Si Jagoan

Sobat kecil mama yang jagoan, ayo kita eksplorasi dunia sains yang seru sambil berkreasi! Kali ini, kita bakal bikin sendiri mesin waktu, tapi beneran seru dan bisa ngasah skill sains kamu makin oke. Yuk, langsung cekidot keseruannya!

1. Mesin Waktu Kapsul Waktu

Seru banget ini! Kamu tinggal kumpulin barang-barang yang kamu suka atau punya arti spesial. Masukkan ke dalam kapsul, lalu kubur di suatu tempat yang aman. Beri tahu teman atau keluarga kamu lokasi kapsulnya, dan janjian untuk membukanya nanti di tanggal yang sudah ditentukan. Rasanya kayak mengirim pesan ke masa depan!

2. Mesin Waktu Diorama

Kali ini kita bakal bikin miniatur mesin waktu berbendera dinosaurus atau mesin waktu ala Doraemon! Kamu bisa pakai kardus bekas, stik es krim, dan bahan-bahan sederhana lainnya. Keren banget kalau diorama mesin waktumu bisa nyala!

3. Mesin Waktu Tepung

Wow, tepung bisa jadi mesin waktu? Bisa banget! Celupkan jarimu ke dalam mangkuk berisi tepung, lalu buatlah gambar atau tulisan di permukaannya. Tunggu sampai tepung mengering, lalu tiup perlahan. Gambarmu bakal muncul lagi layaknya sebuah keajaiban!

4. Mesin Waktu Kristal

Siapkan larutan air garam jenuh dan benang kasar. Gantungkan benang di dalam larutan, lalu diamkan beberapa hari. Kamu bakal lihat kristal-kristal garam tumbuh di benangnya, mirip stalaktit dan stalagmit di gua. Mereka ini jadi penunjuk waktu yang seru!

5. Mesin Waktu Kalender

Bikin kalender sendiri yang disesuaikan dengan hobi atau minat kamu. Tambahkan gambar-gambar yang mewakili momen penting atau kegiatan yang sering kamu lakukan. Dengan ini, kamu bisa "berjalan" ke masa lalu atau masa depan melalui lembaran kalendermu.

6. Mesin Waktu Peta Waktu

Gambarlah atau cetak peta dunia. Tandatanganlah setiap negara atau benua dengan waktu saat ini di tempat tersebut. Setiap kali kamu iseng, bisa buka peta waktu ini dan "berpindah" ke berbagai zona waktu dengan imajinasimu.

7. Mesin Waktu Kertas Koran

Ambil koran bekas, lalu robek-robek jadi potongan kecil. Masukkan ke dalam botol atau kotak, dan tambahkan air. Tunggu beberapa hari sampai kertasnya melunak. Sekarang, kamu bisa bikin kertas daur ulang dengan motif unik yang menceritakan kisah waktu!

8. Mesin Waktu Bongkar Pasang Jam

Buat kamu yang udah agak besar, boleh coba bongkar pasang jam bekas. Kenali bagian-bagiannya, seperti jarum jam, roda gigi, dan baterai. Dengan memahami cara kerja jam, kamu bakal lebih paham konsep waktu dan gerakannya.

9. Mesin Waktu Naungan Matahari

Tancapkan tongkat kayu ke tanah pada saat matahari terbit. Amati bayangan tongkatnya setiap 15 atau 30 menit. Gambarlah bayangan pada selembar kertas. Catat waktu dan panjang bayangan. Dengan ini, kamu bisa bikin jam matahari sendiri dan memahami bagaimana matahari bergerak sepanjang hari.

10. Mesin Waktu Peristiwa Historis

Bikin daftar peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah. Tuliskan tanggal dan kejadiannya. Lalu, buat garis waktu atau grafik untuk menghubungkan peristiwa-peristiwa tersebut. Dengan begitu, kamu jadi bisa memahami urutan dan jarak waktu antar kejadian.

Itu dia 10 game membuat mesin waktu yang seru dan mendidik buat si jagoan! Dengan permainan ini, si kecil bakal belajar konsep waktu, sains, dan imajinasi dengan cara yang asik dan gak ngebosenin. Yuk, cobain bareng dan lihat gimana skill sainsnya makin cemerlang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *